Pages

Labels

Minggu, 02 September 2012

Tips Baterai HP Tahan Lama

Sungguh menjengkelkan kalau kita lagi nelepon atau sms tiba-tiba baterai handphone nge-drop, padahal terkadang telepon atau sms tersebut sangat penting. Oleh karena itu banyak orang yang akhirnya terpaksa mengganti baterai untuk handphonenya dan tak jarang pakai baterai asli yang harganya lebih mahal. Akan tetapi jika sudah diganti dengan baterai yang baru, namun masih suka nge-drop juga, bisa jadi kesalahan bukan pada baterainya tapi lebih pada unsur perawatannya. Lalu bagaimana cara merawat baterai handphone supaya bisa tahan lama dan tidak nge-dropan? Berikut ini akan saya bagikan tipsnya.

Tips ini saya dapat dari seorang teman pers salah satu stasiun tv swasta. Malam itu saya dan teman-teman pers dari berbagai stasiun tv swasta lagi pada ngumpul di rumah kontrakan salah seorang teman yang biasa kami sebut basecamp. Di basecamp itu kami ngobrol sambil menikmati kopi dan gorengan, banyak topik yang kami bicarakan tak terkecuali berita-berita yang berhasil diliput pada hari itu. Ditengah obrolan yang semakin seru, entah darimana awalnya, tiba-tiba muncul sebuah topik pembicaraan tentang baterai handphone yang suka nge-drop. Lantas, berbagai opini dan keluhan pun banyak bermunculan di sana.

Ketika kami merasa tidak ada solusi pasti untuk handphone yang suka nge-drop, akhirnya ada salah seorang kameramen senior angkat bicara. Kebetulan dari tadi dia dan tuan rumah yang juga seorang kameramen tidak ikut nimbrung dengan kami, mereka berdua lebih asik ngutak-atik video di kamera dan komputernya. Sang kameramen itu mulai menjelaskan kepada kami bahwa setiap barang elektronik yang menggunakan baterai cas-casan termasuk handphone, perlu dirawat dengan benar supaya awet dan tidak nge-dropan. Hal yang perlu diperhatikan adalah cara pengecasannya, yaitu baterai harus benar-benar dalam kondisi kosong barulah kemudian dicas sampai penuh. Ia juga menambahkan, bahwa mengecas baterai dalam kondisi masih ada setrumnya, akan membuat baterai melembung dan cepat ngedrop. Hal ini dikarenakan semua baterai dianggap pada posisi nol setrum ketika dicas, jadi jika sebuah baterai yang masih ada arus/setrumnya dicas, maka akan terjadi penumpukan arus di dalamnya, sehingga membuat baterai tidak awet dan cepat rusak. Baterai yang sudah kosong itu dapat ditandai ketika HP mati sendiri dan tidak bisa dihidupkan lagi.

Inti dari tips di atas adalah ketika kita ingin nge-cas HP, kondisi baterai harus benar-benar kosong, ini berarti posisi HP dalam keadaan mati karena kehabisan setrum.

Apa yang disampaikan teman saya tersebut selalu saya praktikkan dan hasilnya cukup memuaskan. Beberapa kali saya ganti HP dengan merk yang berbeda-beda, Alhamdulillah selalu awet baterainya. Biasanya sih dalam pemakaian normal antara 4 – 5 hari baterai baru habis dan kadang kalau jarang dipakai bisa sampai 6 - 7 hari. Tapi tips ini hanya berlaku bagi baterai yang masih bagus atau dalam keadaan normal, kalau sebelumnya baterai yang dipakai sudah rusak ya nggak bisa lagi hehehe…! Demikianlah semoga bermanfaat.


Read more: http://idegokil.blogspot.com/2012/03/tips-baterai-hp-tahan-lama.html#ixzz25LMsiCoY

0 komentar:

Posting Komentar